Liburan Masa Kecilku

Liburan sekolah udah lewat..tapi ga papa dong ya kalo aku pengen cerita masa liburan masa kecil dulu.. ;)

Dulu nih waktu masih kecil paling seneng kalo udah liburan sekolah..Pastinya bakal ada liburan di rumah eyang atau tante selama sebulan full, di Kudus, Semarang, Solo..Di Kudus tinggalnya di rumah tante (adiknya mama), di Semarang tinggal di rumah adiknya Eyang Putri, dan di Solo tinggal di rumah tante (adik papa)..atau sekedar berlibur ke obyek-obyek wisata di sekitar pulau Jawa..

KUDUS

Dulu tanteku (adik mamaku) masih tinggal di perumahan Gondang Manis, tapi sekarang tante dan keluarganya udah pindah ke Bandung..

Namanya tante Diah..beliau memiliki 2 putri yang umurnya lebih muda 2 dan 3 tahun dari aku, dek Popy dan dek Ane..

Senengnya kalo lagi berkunjung kesana itu karena disana banyak anak-anak seumuran kami..apalagi jaman dulu belum ada tuh mainan canggih kayak sekarang..jadi paling seru kalo udah main rame-rame di depan rumah, main petak umpet, manjat-manjat pohon, akrobatik (salto dan split)..kalo yang terakhir ini dulu aku cuma bisa jago salto aja..split susah bo..ga kuat ngangkangnya..hehehee

Tapi nih..berhubung memoriku kurang bagus jadi cuma beberapa nama temen-temen aja yang masih ingat, ada mba Yuli, mba Indri, Uli dan kakak-kakak cowoknya yang aku lupa namanya..hehehe..btw, Uli itu cowo juga.. :D

Oya, dulu saking seringnya aku berkunjung ke Kudus dan kenal sama anak-anak disitu, sempet ikutan jadi pengisi acara waktu Agustusan loh..hehehe..waktu itu ngisi acaranya tari modern (lupa lagunya apaan.. :D )..narinya ber-empat, aku, dek Popy, dek Ane, dan mba Indri..Jaman dulu kalo udah ngisi acara Agustusan udah berasa artis local deh..hahahaa..

Sayang banget aku ga nyimpen dokumentasi fotonya..mungkin nanti kalo ketemu tante Diah mau aku tanyain deh..

Sekarang, tante Diah udah ga di kudus lagi, udah lama juga pindah ke Bandung..sejak tante Diah pindah aku juga ga pernah lagi ke Gondang Manis..paling ke rumah Eyang Mami (eyang dari mama) yang tinggal di Kudus juga..Otomatis lost contact sama temen-temen kecilku disana..

Terakhir denger info dari mama, yang sekarang udah tinggal di Kudus, kalo keluarga mba Yuli sejak bapaknya bangkrut pindah dari komplek tersebut dan ga ada yang tau pindahnya kemana..mba Indri juga ga tau kabarnya gimana..

Kalo keluarga Uli masih di komplek tersebut, karena baru-baru aja mama ketemu sama papa mamanya..Nanti kalo pas mudik ke Kudus pengen ketemuan ah..seperti apa ya dia sekarang? ;)

SEMARANG

Di Semarang ga kalah serunya kayak di Kudus, bedanya kalo disini temenku cuma 1..hehehe

Adik Eyang Putriku ini namanya Eyang Darno (Alm)..Eyang Darno punya usaha catering yang udah terkenal di Semarang..jadi tiap hari selalu ada kegiatan masak-memasak di rumahnya yang luas banget..sampai punya mess segala khusus untuk para karyawan dan tukang masak yang jumlahnya banyak..(gaya ya namanya..padahal sih cuma kamar tidur biasa, tapi saking banyaknya jadi kayak mess deh..hehehe)

Aku seneng banget sama rumah eyang Darno..di daerah Candi, dimana rumah-rumah sekitarnya besar-besar dengan pohon-pohon rindang yang bikin suasanya mirip di luar negeri..  :D tipikal rumah lama dengan jendela-jendela yang besar banget..jadi ga perlu pake kipas angin deh..kamar-kamarnya juga luas banget..dan di kamar mandi selalu ada 1 vas bunga besar berisi bunga-bunga potong yang nantinya akan dibuat merangkai bunga dan di kamar mandi ada jendela yg selalu terbuka..berhubung rumah eyang Darno ada di daerah paling atas (tipikal rumah-rumah di Semarang yang contour tanahnya berbukit-bukit) jadi aman-aman aja tuh ga bakal ada yang ngintip..hehehe..

Oya, temen-temen mainku selain ibu-ibu tukang masak :D , ada 1 anak tetangga yang seumuranku..Namanya Deni, yang aku baru tau sama karyawan-karyawan eyang Darno setelah dia ga tinggal di sebelah rumah eyang Darno ternyata dia adiknya Ryan Hidayat (Alm)..beberapa kali pernah liat kakaknya sih tapi ga ngeh kalo itu Ryan Hidayat (Alm)..

Ganteng ya bo..sayang meninggal muda.. :D Deni juga kalo diinget-inget ganteng juga (baru sadar kalo dia ganteng setelah aku gede)..hehehe…jaman kecil dulu kira-kira kelas 3 SD mana ngeh soal ganteng gitu..yang aku tau dulu mamanya bule..dan Deni itu juga mukanya kebule-bulean alias Indo..Cuma itu yang aku tau dari Deni, karena dulu kalo main ga pernah masuk ke rumahnya..selalu di halaman rumahnya..

Yang aku inget banget soal main bareng sama Deni itu adalah cara aku masuk ke halaman rumah dia..

Berhubung rumah eyang Darno itu luas banget, dan aku lebih sering berada di rumah utama,sedangkan rumah Dani lebih deket ke mess,  jadi cara paling efektif buat Deni kalo ngajakin main bareng itu dengan cara pesan berantai..hehehe..dari pagar rumahnya, dia manggil salah satu karyawan eyang Darno, yang kemudian akan memanggilku..dan abis itu aku lompat pagar deh untuk masuk ke halaman rumah Deni..soalnya kalo harus lewat pintu gerbang, jauh ajah..hihihihi…

Kenangaan bermain sama Deni ga berlangsung lama karena dia pindah ke Jakarta..dan setelah itu lost contact..sedih? pasti..karena ga ada lagi temen sebaya untuk main seru-seruan bareng di Semarang..selanjutnya kalo aku ke rumah eyang Darno lagi aku cuma ngeliatin dan sekali-kali bantuin bikin kue-kue pesanan..

SOLO

Beda kota, beda suasananya..kalo di Kudus suasana ceria..di Semarang suasana romantic mellow (halah..apalagi itu..hehehee)..coba aja, kan mirip kayak film My Girl, bedanya kalo di ceritaku yang cowonya ga meninggal tapi pindah rumah.. :D sebenernya aku juga lupa dulu ngapain aja sama Deni itu..jangan mikir yang ga-ga ya..ini maksudnya main apa aja gituh..hihihihi..karena seingetku aku ketemu sama Deni cuma 2 periode liburan..too short too make long story..(weiss..keren ya bahasaku..hehehe)

Kalo di Solo ini susananya ceria hamper mirip di Kudus..

Tanteku yang ini (adik papaku), tante Endang (Alm) punya 2 anak cewe, dek Astrid yang 3 tahun diatasku dan dek Betty yang seumur aku..(jangan heran ya kalo aku manggil anaknya tanteku yang lebih tua dari aku dengan sebutan “dek”, itu udah “peraturan” di keluarga besarku.. :D )

Di sekitar rumah tanteku banyak anak-anak seumuranku..tapi semuanya cowo..hehhee

Dasar cowo-cowo, walopun masih kecil tapi jiwa isengnya udah keliatan ya..mereka itu paling suka gangguin aku dan dek Betty kalo lagi mainan..belum lagi kalo nakut-nakutin..belum lagi kalo pas aku atau dek Betty lagi mandi..mereka pasti langsung naik tangga di deket kamar mandi yang ada jendela fiber glass atau apa lah itu namanya yang tebel banget dan iseng pura-pura ngintip..padahal mau ngintip gimana ya..itu kaca kan tebel banget dan punya efek berbayang..jadi yang keliatan bayangannya aja..

Tapi waktu itu aku beneran takut banget kalo sampai mereka ngintip beneran..jadi mandinya ngebut deh..dan abis itu mereka ketawa puas udah bikin aku ketakutan..

Dan di Solo lah pertama kalinya aku ikutan takbir keliling..padahal di komplek rumah sendiri belum pernah ikutan.. :D seru juga ikutan keliling komplek malam-malam bawa obor bamboo sambil takbiran..waktu itu kalo ga salah kelas 4 atau 5 SD..

Yang disayangkan adalah aku ga punya foto-foto saat liburan yang menginap di Kudus, Semarang, atau  di Solo..ada sih kamera..tapi kan ada di papa..sementara aku liburan kan ga sama mama papa..  :( kecuali kalo pergi ke obyek-obyek wisata..

Tapi ga pa-pa deh..yang penting masih ada sedikit kenangan yang masih tersisa di memoriku.. ^_^

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>