Bolu Kukus Wanna Be

Diliat dari judulnya aja pasti udah pada tau kalo ini pasti bolu kukus jadi-jadian..hehehe

Oo0h..belum tau?

Jadi gini deh ceritanya… :D

Beberapa hari  yang lalu aku googling resep bolu kukus..

Dapat resepnya..gak pake lama langsung praktek mumpung di rumah ada bahan-bahan lengkap untuk membuat kue..tinggal beli sprite/soda di warung sebelah..

Resep pertama didapat dari Bebe..

Bahan:

300 gr terigu

300 gr gula pasir

3 butir kuning telur

2 butir putih telur

1 kaleng sprite (330ml)

1 sdt TBM/ovalet

1sdt VX (emulsifer)

1sdt vanili

pewarna makanan

Cara membuat:

1. Campur terigu, gula, terigu, telur, TBM,, dan VX, dimixer sampai tercampur.

2. Masukkan sprite sedikit demi sedikit.

3. Mixer adonan sampai mengembang dan kental (10-15 menit).

    PS: mixer hanya 1 arah.

4. Tambah vanili, aduk.

5. Beri pewarna sesuai selesai.

6. Cetak dan kukus kira-kira 15 menit.

Pada step pertama ditulis adonan dimixer sampai tercampur, tapi aku malah dimixer sampai mengembang..dan kemudian baru dimasukkan sprite..

Setelah dicetak dan dikukus, hasilnya memang bolu kukus mekar dengan sempurna..tapi kuenya bantat.. :D

Enak sih sebenarnya kalo ga bantat..heehehe..

Karena masih penasaran, hari kedua googling resep bolu kukus lagi..

Resep kedua, lupa dapat dari mana soalnya kebanyakan googlingnya.. :D

Hampir sama dengan resep pertama, hampir sama dengan resep pertama hanya saja takaran untuk spritenya menggunakan takaran CC sementara aku ga tau 175 CC itu berapa ml jadinya pake takaran kira-kira 1 botol kecil  soda (250 ml) dan cara membuatnya yang agak sedikit berbeda..

Resep kedua ini telur, gula, dan TBM dimixer sampai mengembang, baru kemudian masukkan sprite dan terigu secara bergantian hingga tercampur rata..

Dan..adonan kali ini juga gagal maning..gak mekar sempurna.. :( untuk kuenya sebenarnya udah lembut, tapi kenapa gak mekar ya?

ini dia hasil dari resep kedua.. :D

Ceritanya sih mau bikin bolu kukus rainbow gitu..hehehe..tapi hasilnya malah gak jelas gitu..dan sampai kue itu abis masih belum ngeh juga dimana salahnya..sampai akhirnya dibaca lagi resep yang pertama..dan sepertinya memang letak kesalahana ada pada saat mengaduknya seperti yang udah dijelasin diatas tadi..

Untuk resep yang kedua mungkin dari takaran sprite/sodanya yang gak sesuai resep..

Tapi aku masih keukeuh pengen nyoba lagi..nanti-nanti aku mau googling lagi atau nanya resepnya sama temen yang udah sering bikin bolu kukus deh..

Ditunggu aja sharing selanjutnya.. :)

Tulisan ini diikutsertakan dalam “GiveAway Nyam Nyam Enny Mamito

Share

6 thoughts on “Bolu Kukus Wanna Be

  1. alhamd. saya bikin bolu kukus kalau di kukus dengan cetakan satu satu selalu gagal tapi kalau dikukus dalam satu loyang besar selalu berhasil…entah kenapa?? padahal adonan itu-itu juga…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>