Kehebohan Kiamat 2012

Cerita tentang kiamat katanya tanggal 21 Desember 2012 itu udah heboh dari beberapa tahun lalu sejak adanya film “2012”.. Katanya nih, kiamat tahun 2012 itu berdasarkan ramalani suku Maya, yaitu kelompok suku yang tinggal di semenanjung Yucatan, Amerika Tengah yang berbatasan dengan Samudera Pasifik di sebelah barat, dan Laut Karibia di sebelah timur.

kiamat-3

gambar diambil dari sini

Tapi gak jelas juga ramalan itu waktunya memakai acuan waktu mana.. :D padahal ada banyak pembagian waktu di dunia ini kan? Banyak orang yang percaya ramalan itu akan terjadi.. Aku sendiri sih gak percaya.. Yang tau kapan kiamat itu akan datang gak lain gak bukan adalah Tuhan.. Tapi eniwei, ternyata ramalan itu gak terbukti kok..

Dan ternyata, di koran Kompas tanggal 21 Desember 2012 ada berita dengan judul “Maya, Bangsa yang Tak Pernah Meramalkan Akhir Zaman”. Menurut Walter RT Witschey, peneliti Maya dan guru besar antropologi di Universitas Longwood, Virginia, AS mengatakan bahwa suku Maya tidak pernah mengatakan tentang kiamat tersebut.

Jadi dari mana dong gagasan ramalan itu muncul? Pada berita tersebut ditulis, pada tahun 1966, peneliti Maya, Michael Coe, menulis buku yang menyebutkan ada petunjuk akan ada kiamat pada akhir kalender Maya.  Sistem kalender Maya kuno dikembangkan 1.200 tahun lalu. Mereka tak hanya membuat satu tetapi serangkaian kalender untuk membantu menghitung lewatnya waktu.

Ada Tzolk’in yang mengukur siklus 260 hari, Haab yang memgukur 365 hari, dan kalender Hitungan Panjang yang mengukur siklus 400 tahun atau Bak’tun. Jumat tanggal 21 Desember 2012 adalah akhir Bak’tun ke-13.

Gagasan itu dikembangkan para pengarang New Age pada tahun 1970-an dan makin lama makin menyebar. Jadi ternyata itu biang keroknya..hehehe.. Ditulis juga pada berita tersebut, kalo sebenernya suku Maya sendiri gak heboh tentang ramalan kiamat itu. Mereka memilih bersikap tenang dan sabar.

Daripada pusing mikirin kiamat itu kapan datangnya, mending perbanyak ibadah aja deh.. :)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>