Ilmu Public Speaking oleh Hilbram Dunar

Pastinya tau dong ya siapa itu Hilbram Dunar? hah belum tau? sini deh aku kasih tau..jadi Hilbram Dunar itu salah satu penyiar radio terkenal di Jakarta, presenter acara TV juga, dan penulis juga lho.. :) Trus..ada apa dengan dia?

Jadi sejak Oriflame memfasilitasi para konsultannya untuk melakukan seminar online melalu program webex, d’BCN gak mau nyia-nyiain kesempatan itu dong..Jadi d’BCN sering banget ngadain webinar ato web seminar untuk nambah ilmu anggotanya..ilmunya gak cuman soal bisnis melulu..pokoknya seru banget deh ilmunya..bener-bener ilmu baru yang belum pernah aku ikutin sebelumnya.. Serunya karena selain ilmu baru buat aku, dan itu free..gak perlu bayar untuk ikutan seminar, gak repot harus keluar rumah, mau disambi-sambi juga bisa asal bisa ngikutin..hehehe..

Nah minggu lalu..bukan hari Minggu kemarin *penting :D .. Penting? iya..karena hari Minggu kemarin gak ada kejadian penting yang perlu diceritain selain nyelesaiin draft postingan..yang ternyata gak selesai juga..hihihi.. Jadi, hari Rabu malam minggu lalu itu d’BCN ngadain webinar tentang Public Speaking yang dibawakan oleh Hibram Dunar..

Pas banget deh materi webinar malam itu..soalnya besoknya mau ada beauty demo yang mau gak mau aku harus ngomong dong ya.. :D

Kata Hilbram, ada 5 ilmu dasar tentang public speaking..apa aja kakak? :D

1. Intonasi, naik turunnya suara

2. Aksentuasi, penekanan kata..penting untuk menghindari kesalahan saat bicara

3. Artikulasi, pelafalan dengan jelas

4. Pace, kecepatan berbicara

5. Diafragma, otot diantara dada dan perut yang kalo dilatih bisa menghasilkan suara yang sedikit lebih berat dibanding suara asli kita..  Diafragma ini harus sering dilatih setiap hari supaya bisa berbicara dengan suara yang bulat (gak cempreng) dan jelas dan agar bisa bicara lebih lama.

     Cara melatih diafragma:

     – Duduk tegak, tangan kiri menempel dibawah dada diatas perut dan tangan kanan menempel dipunggung

     – Bergumam dengan gigi atas dan bawah mengatup

     – Bicara dengan nada yang jelas dari suara yang dihasilkan diafragma

     – Lakukan tiap pagi karena otot-otot dalam keadaan rileks

Untung aja di rumah lagi sepi, Arya udah tidur dan mas Lucky belum pulang..jadi pas latihan diafragma itu gak diketawain..soalnya jadi kayak orang semedi gitu..hehehe

Udah gitu, pesertanya kan kebanyakan emak-emak, jadi aja si Hilbram ini sering digodain ato diledekin..kapan lagi ya bok, godain artis..hehehe..

Emang kalo yang namanya ngomong di depan umum sama ngobrol biasa itu sensasinya beda ya.. Kalo ngomong sama teman sendiri bisa aja ngomong ngalor ngidul gak pake titik koma..tapi giliran disuruh ngomong di depan forum langsung melempem..hehehe..langsung deh keluar penyakit kambuhan kayak keringat dingin, tiba-tiba bingung mau ngomong apa, atau tiba-tiba jadi mules pas waktunya ngomong.. :D Apalagi kayak aku yang cuma pinter ngomong sendiri..hehehe..

Tapi sebenarnya tips ampuhnya itu latihan.. Yah minimal latihan di depan cermin deh, biar tahu ekpresi kita kalo lagi ngomong itu gimana.. Kalo sering latihan ngomong di depan orang banyak lama-lama juga pinter ngomong..iya gak??

Dan pas acara beauty demo itu aku berusaha menerapkan ilmu public speaking ini..jadi lumayan gak deg-degan banget..trus pas ngomong di depan peserta juga kayaknya gak kebanyakan ehm..ehm..ehm-nya.. :D

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>